Cara Mencegah Terkena penyakit Inspeksi Menular seksual (IMS)

Cara Mencegah Terkena penyakit Inspeksi Menular seksual (IMS)

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan IMS, yaitu :

  1. Abstinance, tidak melakukan hubungan seksual sama sekali sebelum menikah. Jadi, sebagai remaja jangan sekali-kali mencoba melakukan hubungan seks sebelum menikah.
  2. Melakukan kegiatan yang positif, dalam pengelolaan dorongan seksual yang muncul dalam diri remaja, salah satu bentuknya adalah dengan banyak melakukan kegiatan positif. Konsentrasi remaja tidak hanya terfokus untuk memikirkan hal-hal yang bersifat erotis yang bisa memicu munculnya dorongan seksual. Hal ini sebagai salah satu bentuk penyaluran agar remaja dapat menghindari untuk berhubungan seks.
  3. Cari informasi yang benar, tentunya dari sumber yang tepat dan terpercaya sebanyak mungkin tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual, termasuk informasi tentang IMS. Dengan informasi yang benar, remaja akan terhindar dari mitos-mios yang banyak beredar di masyarakat tentang IMS. Dengan mengetahui fakta tentang IMS, sebagai benteng remaja untuk tehindar dari IMS.
  4. Remaja harus mempunyai Self Esteem yang tinggi. Yang dimaksudkan dengan self esteem adalah penghargaan terhadap diri sendiri. Ketika remaja mampu menghargai dirinyasendiri, tentunya dia akan paham mana yang sesuai dengan dirinya atau tidak. Dengan self esteem yang tinggi, remaja bisa berani menolak dengan tegas bila ada yang mengajak berhubungan seks dengan alasan apapun.
  5. Tidak menggunakan atau bertukar dengan orang barang-barang yang bersifat pribadi, misal celana dalam, handuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *