Berita

Diluncurkan SMS Gateway dan Aplikasi Android Konseling untuk Remaja

Di Kabupaten Bandung Barat

NGAMPRAH, (PRLM).- Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Bandung Barat meluncurkan SMS Gateway dan aplikasi android Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Saluran itu ditujukan untuk mempercepat pertukaran informasi sekaligus sebagai media pembelajaran interaktif bagi para remaja.

Menurut Kepala BP3AKB KBB Asep Ilyas, SMS Gateway dan aplikasi android merupakan inovasi BP3AKB dalam memberikan pelayanan informasi dan konseling bagi remaja-remaja yang tergabung dalam PIK-R. Saat ini, ribuan remaja di Bandung Barat telah menjadi anggota PIK-R

“Sebelumnya program kami terbatas oleh ruang dan waktu. Diskusi dan pembinaan itu sebenarnya tetap berlanjut di dalam realitasnya, tapi untuk mempercepat penyampaian pesan perlu dilakukan suatu inovasi, yaitu melalui SMS Gateway dan aplikasi android,” kata Asep di saat peluncuran SMS Gateway dan aplikasi android di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (22/8/2015).

Dia memaparkan, keberadaan kader PIK-R sangat penting sebagai ujung tombak proses komunikasi, informasi, edukasi, maupun advokasi para remaja. Soalnya, mereka diberi pelatihan sebagai pendidik sebaya dan konselor sebaya.

Dengan demikian, permasalahan remaja yang menyangkut Triad KRR (seksualitas, HIV/AIDS, dan napza), rendahnya pengetahuan tentang reproduksi remaja, life skills, gender, dan nilai-nilai moral yang mulai terdegradasi bisa dikonsultasikan langsung dengan para pembina PIK-R.

Bupati Bandung Barat Abubakar menyambut baik peluncuran SMS Gateway dan aplikasi android PIK-R. “Bahwa dalam rangka membangun sebuah komunikasi, mereka dapat memanfaatkan teknologi. Dengan demikian, komunikasi, informasi, dan edukasi jadi lebih mudah diakses oleh para remaja,” kata Abubakar.

Dia berharap, inovasi yang dikembangkan BP3AKB Bandung Barat itu dapat dijadikan model pembinaan remaja di daerah lain. “Dengan adanya sarana ini, komunikasi para remaja tidak akan terputus dan pada akhirnya bisa menjadi generasi yang dapat dibanggakan,” tuturnya. (Hendro Husodo/A-88)

 

Sumber COPAS : http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2015/08/22/339369/diluncurkan-sms-gateway-dan-aplikasi-android-konseling-untuk-remaja

Tags
Show More

Pikremaja Formasi

GenRe | Generasi Berencana Saatnya yang Muda yang Berencana Berdakwah tidak harus di mesjid, tetapi depan para Remaja adalah dakwah Paling Besar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Hubungi Kami disini
Close
%d blogger menyukai ini: