Lebaran Tahun Ini Masih Sendiri ? Tenang ! Pernikahan Bukanlah Ajang Kompetisi Part 3

Lebaran Tahun Ini Masih Sendiri ? Tenang ! Pernikahan Bukanlah Ajang Kompetisi Part 3

6. Kesiapan Sosial

Manusia tidak hanya makhluk individual, tapi juga sosial. Karena itu, kemampuan bersosialisasi sangat penting dalam kehidupan keluarga. Bersosialisasi dengan teman-teman pasangan, dengan lingkungan yang baru, maupun dalam organisasi. Mengasah jiwa kerelawanan sosial juga bisa menjadi bekal berharga sebelum masuk jenjang pernikahan.

7. Kesiapan Moral

Moralitas berlaku universal, apapun agamanya. Kesiapan moral sangat penting untuk mengontrol perilaku agar dalam berkeluarga bisa memegang etika. Misalnya, menaati perintah Tuhan Yang Maha Kuasa, berlaku jujur, bersabar kala menghadapi ujian, hingga tidak menggunakan barang milik orang lain tanpa izin.

8. Kesiapan Interpersonal

Kemampuan interpersonal ini terkait dengan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain. Seseorang yang memiliki kemampuan interpersonal akan bisa menjadi pendengar yang baik saat orang lain curhat, berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang, hingga mampu berdiskusi dan mendengar pendapat orang lain sebelum mengambil keputusan.

Baca Juga  Resiko dan Permasalahan pada Remaja

9. Keterampilan Hidup

Keterampilan sangat dibutuhkan dalam hidup. Ketika berkeluarga, keterampilan itu makin dibutuhkan. Misalnya, keterampilan dasar seperti merapikan dan membersihkan rumah, memasak, mengasuh dan mendidik anak, menjalankan peran suami/istri. Merawat organ reproduksi hingga pengetahuan alat kontrasepsi untuk pengaturan jarak kehamilan juga menjadi keterampilan yang harus dimiliki.

10. Kesiapan Intelektual

Dalam berkeluarga, kemampuan intelektual bisa tercermin dari aktivitas pencarian informasi seputar kehidupan keluarga. Jika kita sudah mencari informasi untuk mendapat pengetahuan seputar kesehatan reproduksi, pengasuhan anak, pola hidup sehat, dan lainnya, maka kita sudah memiliki bekal berharga sebelum menikah.

 

Maka bagi yang masih sendirian di lebaran idul fitri tahun ini, tidak perlu bersedih ataupun merasa tertekan dengan pertanyaan “kapan menikah?”, nikmati saja masa-masa penantian kita dengan terus berupaya untuk mempersiapkan segalanya lebih matang, dan sibukanlah diri kita untuk menjadi pribadi yang berkualitas, karena dengan demikian, kita tidak perlu takut kehabisan jodoh, sebab ketika kita berhasil menjadi pribadi yang berkualitas, maka nantinya kita pun akan mendapatkan cinta yang berkelas.

Baca Juga  Kampung KB Menurut Duta GenRe Kecamatan Lembang

Oleh : M. Ihsanudin (Ketua Forum PIK Remaja Formasi Kabupaten Bandung Barat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

logo pik remaja Formasi bandung barat

FORMASI FRESH KBB adalah Forum Remaja Sehat Ideal yang memiliki visi untuk mewujudkan Remaja yang FRESH : Future, Role model, Education, Smart, Humanity.

Copyright @ Forum Pik Remaja Formasi Kabupaten Bandung Barat