Lebaran Tahun Ini Masih Sendiri ? Tenang ! Pernikahan Bukanlah Ajang Kompetisi Part 2

Lebaran Tahun Ini Masih Sendiri ? Tenang ! Pernikahan Bukanlah Ajang Kompetisi Part 2

Dikutip dari laman Indonesia,go.id, Menurut kepala BKKBN Hasto Wardoyono, setidaknya ada 10 dimensi kesiapan berkeluarga yang harus diperhatikan, diantaranya :

1. Kesiapan Usia

Usia ideal minimal 25 tahun bagi laki-laki dan minimal 21 tahun bagi perempuan. Angka 25 tahun dan 21 tahun ini tidak ditentukan asal-asalan, tapi Berdasarkan riset, seseorang secara fisik, psikologis, hingga finansial, lebih siap masuk ke jenjang pernikahan dibandingkan jika dia menikah di usia sebelum itu.

2. Kesiapan Fisik

Berkeluarga butuh kesiapan fisik, untuk bekerja mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, hingga melakukan aktivitas seksual. Karena itu, jika kita memiliki riwayat penyakit seperti darah rendah, darah tinggi, hepatitis, atau penyakit menular seksual, harus berobat dulu sebelum menikah. Supaya kita dan pasangan benar-benar fit dan siap membangun keluarga berkualitas.

Baca Juga  Kampung KB Menurut Duta GenRe Kecamatan Lembang

3. Kesiapan Finansial

Uang memang bukan segala-galanya, tapi untuk menjalankan roda rumah tangga pasti

membutuhkan uang. Karena itu, dalam merencanakan pernikahan, persiapan finansial juga diperlukan. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, persiapan kehamilan, perawatan anak, bahkan hingga biaya pendidikan anak. Karena itu, pastikan sebelum menikah kita sudah memiliki sumber pendapatan tetap, misalnya pekerjaan sebagai karyawan atau berwirausaha. Setidaknya, saat berkeluarga, kita bisa mandiri secara finansial, tidak membebani atau tergantung pada orang tua atau keluarga lainnya.

4. Kesiapan Mental

Hidup berkeluarga tidak selamanya mulus atau indah seperti saat masih pacaran. Terkadang ada hal yang tidak sesuai harapan. Sifat pasangan, kondisi ekonomi pasangan, sikap mertua dan keluarga besar, termasuk tantangan mendidik anak di era digital. Pola hidup di masa lajang dan saat berkeluarga juga akan berubah. Semuanya butuh kesiapan mental.

Baca Juga  Cara Mencegah Terkena penyakit Inspeksi Menular seksual (IMS)

5. Kesiapan

Emosi Nah ini juga penting. Coba kita ingat, bagaimana respons kita saat menghadapi tekanan. Misalnya, saat menghadapi deadline pekerjaan, saat tersinggung dengan ucapan atau perilaku orang lain, atau saat debat karena beda pendapat. Jika kita masih suka berteriak, marah-marah, sampai melempar barang ketika berbeda pendapat, maka kita harus belajar mengelola emosi
dulu sebelum menikah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

logo pik remaja Formasi bandung barat

FORMASI FRESH KBB adalah Forum Remaja Sehat Ideal yang memiliki visi untuk mewujudkan Remaja yang FRESH : Future, Role model, Education, Smart, Humanity.

Copyright @ Forum Pik Remaja Formasi Kabupaten Bandung Barat