Lebaran Tahun Ini Masih Sendiri ? Tenang ! Pernikahan Bukanlah Ajang Kompetisi

Lebaran Tahun Ini Masih Sendiri ? Tenang ! Pernikahan Bukanlah Ajang Kompetisi

Hari raya idul fitri selalu menjadi momen yang penting dan perayaan yang sangat membahagiakan bagi umat muslim, karena idul fitri merupakan puncak kemenangan dari pelaksanaan
ibadah puasa. Banyak sekali tradisi menyenangkan di hari raya yang melekat dalam kehidupan kita, diataranya adalah berkumpul bersama keluarga dan saudara. Meskipun tahun ini mudik dilarang, namun silaturahmi antar keluarga masih bisa dilakukan, entah itu dengan cara virtual atau bisa saja secara langsung karena tempat tinggal yang dekat dan memungkinkan untuk bersilaturahmi.

Nah disaat kumpul bersama keluargalah, biasanya muncul berbagai macam pertanyaan dari keluarga yang dilontarkan kepada kita, dari mulai soal kuliah, pekerjaan, sampai ditanya “kapan
menikah?”. Terkadang pertanyaan perihal jodoh memang sedikit mengganggu pikiran kita, atau bahkan kita sangat tidak nyaman ketika disinggung dengan pertanyaan tersebut, apalagi klaw dilanjutkan dengan bertanya seperti, “ko masih sendirian?”, “teman seangkatan kamu sudah banyak yang menikah yah?”, “kamu gak ingin seperti mereka?”. dengan pertanyaan tersebut, seolah-olah kita dianggap tidak pandai dalam mencari pasangan (meskipun pada kenyataanya memang demikian), tapi ketika pertanyaan yang sama didapatkan dalam waktu yang bersamaan dari orang yang berbeda, hal itu cukup membuat rasa kesal kita semakin meningkat.

Baca Juga  Stunting Menurut Gilang Duta Genre

Merasa kesal atau jengkel adalah hal yang sangat wajar, meskipun sebenarnya bisa saja kita merespon secara positif, seperti dikutip dari laman Suara.com, Psikolog Erna Marina Kusuma, M.Psi, C, Ft. mengatakan : “pertanyaan kapan menikah? Memang akan memunculkan reaksi positif dan negative. Reaksi positive ditandai dengan sikap tak ambil pusing, sedangkan reaksi negative biasanya ditandai dengan emosi, kesal, marah atau bahkan bersedih. Namun, untuk apa kita merasa tidak karuan dengan pertanyaan demikian, jangan sampai pertanyaan tersebut membuat kita tertekan dan malah terburu-buru dalam menentukan pilihan. Karena menikah bukanlah ajang kompetisi ataupun perlombaan yang siapa cepat dia bahagia, kita tidak akan
mendapatkan apa-apa ketika menikah lebih cepat, begitupun sebaliknya. justru yang dikhawatirkan adalah pernikahan yang berujung penyesalan, karena terlalu terburu-buru dan kurangnya persiapan.

Baca Juga  Resiko dan Permasalahan pada Remaja

Menikah sejatinya tidak hanya membutuhkan cinta, namun juga perlu persiapan berupa fisik, mental dan finansial. Karena kehidupan pernikahan sebenarnya akan dimulai setelah sah sebagai pasangan dimata hukum dan agama, bukan hanya pada saat resepsi atau pesta saja.

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

logo pik remaja Formasi bandung barat

FORMASI FRESH KBB adalah Forum Remaja Sehat Ideal yang memiliki visi untuk mewujudkan Remaja yang FRESH : Future, Role model, Education, Smart, Humanity.

Copyright @ Forum Pik Remaja Formasi Kabupaten Bandung Barat