CipongkorKecamatanMateri

Masa Remaja

PIK Remaja Cipongkor

Masa remaja identik dengan cinta. Sayangnya, cinta identik dengan pacaran. Karenanya, masa remaja tanpa berpacaran, seperti sambal tak bergaram. Hambar. Tak ada sensasi. Benarkah begitu?
Di sisi lain, kita mendapati realitas memprihatinkan tentang gaya pacaran remaja yang makin permisif. Pacaran tidak lain hanyalah “ajang baku syahwat” tempat melampiaskan buncahan nafsu seksual yang mulai menggelora. Maka, kita pun mengenal istilah KNPI dalam gaya pacaran. KNPI = K issing, N ecking , Petting , dan Intercourse .

Akibat dari itu, angka aborsi di kalangan remaja meroket pesat. Perkiraan BKKBN, di Indonesia ada sekitar 2 juta kasus aborsi terjadi setiap tahunnya. Dan menurut penelitian, 60% aborsi dilakukan remaja. Data Bapenas 2009 menunjukkan, 30 persen dari 2 juta remaja melakukan aborsi.
Belum lagi kasus penyakit kelamin, kehamilan yang tidak diinginkan
(unwanted pregnancy) , dan lain-lain. Berdasarkan data dari Depkes pada Maret 2009, sebanyak 9.231 remaja atau 54,3 persen dari 17.000 remaja di Indonesia mengidap HIV/AIDS.
Fakta memprihatinkan itulah, yang kemudian mendorong lahirnya gagasan tentang wacana “pacaran sehat”. Di mana pacaran seharusnya tidak merupakan wahana “kontak fisik”, melainkan laku “olah rasa dan batin” untuk terwujudnya hubungan yang harmonis dan positif menuju jenjang pernikahan.

Tags
Show More

Pikremaja Formasi

GenRe | Generasi Berencana Saatnya yang Muda yang Berencana Berdakwah tidak harus di mesjid, tetapi depan para Remaja adalah dakwah Paling Besar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Hubungi Kami disini
Close
%d blogger menyukai ini: