Materi

Mekanisme Pengelolaan/ Pembentukan PIK Remaja

Cara Pembentukan

Langkah-langkah pembentukan PIK Remaja

1. Identifikasi sasaran (sekolah, perguruan tinggi, organisasi masyarakat /keagamaan, organisasi masyarakat / keagamaan, organisasi kepemudaan) yang perlu mendapatkan PIK R/M dan sasaran potensial untuk dikembangkan PIK R/M.

2. Sosialisasi kepada stakeholders, mitra kerja dan remaja untuk memberikan informasi tentang pent ingnya pembentukan PIK R/M dengan harapan dapat ditindaklanjuti dengan kesepakatan pembentukan PIK R/M.

3. Konsul tasi dan koordinasi untuk memperoleh dukungan/persetujuan tentang rencana pembentukan PIK R/M dengan pimpinan setempat meliputi:

  • Jalur pendidikan (Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Ke t u a J u r u s a n , Pemb a n t u De k a n Bi d a n g Kemahasiswaan, Dekan, Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi, Dina Pendidikan).
  • Jalur masyarakat, (TOMA/TOGA, Kepala Desa/Lurah, Camat , Bupat i /Wal ikota, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan).

4. Menggali potensi remaja yang dipersiapkan menjadi pengelola atau pengurus PIK R/M, dan Calon PS dan KS.

5. Melakukan pertemuan untuk pembentukan PIK R/M yang membahas penetapan nama PIK R/M, struktur organisasi, menyusun nama dan struktur pengurus PIK R/M.

6. Melaksanakan atau mengikutsertakan pelatihan atau orientasi bagi calon pengelola PIK R/M.

7. Penyusunan rencana kerja rutin dan agenda kegiatan lainnya.

8. Menerbitkan Surat Keputusan (SK) tentang pembentukan PIK R/M dari pimpinan setempat.

Peresmian (launching) pembentukan PIK R/M untuk diketahui khalayak umum dan remaja di wilayah setempat dan sekitarnya,  dengan membagi selebaran memasang spanduk, umbul-umbul dan mengundang stakeholders, mitra dan media massa setempat.

Tags
Show More

Pikremaja Formasi

GenRe | Generasi Berencana Saatnya yang Muda yang Berencana Berdakwah tidak harus di mesjid, tetapi depan para Remaja adalah dakwah Paling Besar

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Hubungi Kami disini
Close
%d blogger menyukai ini: