Peraturan Bupati tentang Pengelolaan PIK Remaja

Halaman

Peraturan Bupati tentang Pengelolaan PIK Remaja

BAB I PENGELOLAAN PIK REMAJA/MAHASISWA

A. Kebijakan dan Strategi 1. Kebijakan a. Pembentukan dan pengembangan PIK R/M. b. Peningkatan kualitas pengelola PIK R/M. c. Menyiapkan PIK PIK R/M yang ramah remaja dan ramah mahasiswa (youth friendly). d. Peningkatan komitmen dengan stakeholder dan mitra kerja dalam pengelolaan PIK R/M. e. Peningkatan pelayanan Kependudukan dan Keluarga Berencana yang terintegrasi ke dalam Kuliah Kerja Nyata bagi PIK Mahasiswa. f. Penyediaan dan peningkatan kompetensi SDM pengelola PIK R/M.

2. Strategi a. Melakukan advokasi tentang penumbuhan dan pengembangan PIK R/M. b. Melakukan promosi dan sosialisasi tentang PIK R/M. c. Menyediakan dukungan anggaran bagi kegiatan PIK R/M, baik dari dana APBN, APBD, maupun dari sumber dana lainnya. d. Melaksanakan pelatihan, orientasi, magang dan studi banding bagi SDM Pengelola PIK R/M. e. Mengembangkan materi substansi PIK R/M sesuai dengan dinamika remaja/mahasiswa. f. Mengembangkan kegiatan yang menarik minat remaja/mahasiswa. g. Memilih dan mengembangkan PIK R/M Unggulan dan PIK Mahasiswa CoE. h. Memfasilitasi tersedianya sarana dan prasarana pendukung PIK R/M. i. Melaksanakan pembinaan, monitoring dan evaluasi secara berjenjang.

B. Kegiatan-kegiatan dari Pengelolaan PIK Remaja/Mahasiswa 1. Membentuk PIK R/M, Pembentukan PIK R/M di lingkungan komunitas remaja dan mahasiswa untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan, TRIAD KRR, Life Skills, Gender, Advokasi dan KIE.


2. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas PIK R/M yang ramah remaja/mahasiswa (youth friendly),Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan PIK R/M yang ramah remaja/mahasiswa sehingga para remaja/mahasiswa akan memperoleh informasi yang menarik minat remaja/mahasiswa yang bercirikan dari, oleh dan untuk remaja/mahasiswa. 3. Melakukan advokasi,Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan dari penentu kebijakan terhadap kelancaran dan keberlangsungan PIK R/M. 4. Melakukan promosi dan sosialisasi PIK R/M, Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keberadaan PIK R/M kepada semua pihak yang terkait dalam rangka memperluas akses dan pengembangan dukungan serta jaringan PIK R/M. 5. Menyiapkan dan memberdayakan SDM pengelola PIK R/M, Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan dan memberdayakan SDM (Pengelola, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya) baik untuk PIK R/M yang baru tumbuh maupun untuk mengganti SDM yang sudah tidak aktif lagi dengan berbagai sebab (regenerasi) untuk keberlangsungan PIK R/M. 6. Menyiapkan dan memberdayakan SDM pengelola program GenRe, Kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan dan memberdayakan SDM pengelola program GenRe (Kabid KSPK, Kasubbid Bina Ketahanan Remaja, Kepala SKPDKB, Kabid dan Kasi yang menangani program GenRe di Daerah). 7. Dukungan sumber dana PIK R/M, Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung biaya operasional PIK R/M secara rutin melalui pengembangan kegiatan ekonomi produktif, penggalangan dana baik yang bersumber dari APBN dan APBD maupun sumber lainnya yang tidak mengikat. 8. Melaksanakan konsultasi dan fasilitasi dalam pengelolaan PIK R/M, Kegiatan ini bertujuan untuk mencari cara-cara pemecahan masalah yang terkait dengan pengelolaan dan pelaksanaan PIK R/M yang tidak bisa dipecahkan oleh pengelola. 9. Pemberian penghargaan bagi PIK R/M Unggulan dan PIK Mahasiswa Center of Excellence (CoE),Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas prestasi yang dicapai oleh PIK R/M dalam pengelolaan, pelayanan dan kegiatan yang dilaksanakan. 10. Administrasi, Pencatatan dan Pelaporan,Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tertib administrasi dan mendokumentasikan kegiatankegiatan dalam pengelolaan dan pelayanan yang diberikan oleh PIK R/M, meliputi SDM, sarana, prasarana dan metode.

Baca Selengkapnya disini

Peraturan Bupati tentang Pengelolaan PIK Remaja

Our Skills

Web Design

60% 60% Complete

Wordpress

80% 60% Complete

CSS 3

90% 60% Complete

HTML 5

100% 60% Complete

Our Solutions

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged.
Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. The point of using Lorem Ipsum is that it has a more-or-less normal distribution of letters, as opposed to using 'Content here, content here', making it look like readable English. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Team solid kami

Asep Nurjaman Ketua Umum

Ai Hamidah Bendahara

Fajar Fhatur Ketua 1

Hasanul Fikri Sie Kaderisasi

Singgh Mardiana Ketua 5 - Bidang Pengelol

Kami bekerja sama

Ubah Gaya

12 Warna Tampilan Top Bar Color Layout Style Patterns for Boxed Version