Tentang Kami

PIK Remaja/Mahasiswa adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program GenRe, yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja/Mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Pendewasaan Usia Perkawinan, delapan fungsi keluarga, TRIAD KRR (seksualitas, HIV dan AIDS SERTA Napza), keterampilan hidup (life skills), dan genre.

Keberadaan dan peranan PIK R/M dilingkungan remaja/mahasiswa sangat penting artinya dalam membantu remaja/mahasiswa untuk memperoleh informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahsiswa. Untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan PIK R/M maka perlu adanya pedoman sebagai acuan bagi pengelola program dan pengelola PIK R/M. Untuk itu disusunlah buku pedoman yang standar dan dapat digunakan oleh pihak-pihak yang memerlukan.

Untuk membantu dan membina remaja menyiapkan masa depannya terutama dalam perencanaan kehidupan berkeluarga serta merespon permasalahan-permasalahan yang terjadi pada remaja, BKKBN sesuai dengan amanat UU No. 52 Tahun 2009 mengembangkan program Program Generasi Berencana yang

disingkat menjadi GenRe. Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana; berkarir dalam pekerjaaan secara terencana; serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai
siklus kesehatan reproduksi. Program GenRe ditujukan kepada remaja/mahasiswa melalui wadah PIK Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) dan keluarga yang memiliki remaja melalui wadah Bina Keluarga Remaja (BKR).

Forum PIK Remaja Kabupaten Bandung Barat Berdiri pada tahun 2007 yang dibentuk dengan rapat musyawarah remaja perwakilan Kecamatan Se-Kabupaten Bandung Barat bertempat di Ciburuy, dan terpilih Ketua pertama Forum PIK KRR adalah Asep Imanudin.

Materi pendalaman PIK Remaja adalah bersumber dari materi Generasi Berencana (GenRe), yaitu 8 Substansi GenRe meliputi:

  1. Napza/ Narkoba
  2. Free Sexs
  3. HIV/ AIDS
  4. Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE)
  5. 8 Fungsi Keluarga
  6. Gender
  7. Life Skill
  8. Advokasi
Close