Sejarah Berdiri

Formasi akronim dari Forum Remaja Sehat Ideal, forum ini merupakan tempat berhimpun para pengelola dan masyarakat yang peduli terhadap pengembangan PIK Remaja di Kabupaten Bandung Barat.

 

 

Pembentukan formasi digagas para pengurus PIK Remaja yang ada di Kabupaten Bandung Barat pada tahun 2007, gagasan tersebut kemudian difasilitasi oleh SKPD KB yang saat itu masih  bergabung dengan Dinas Catatan Sipil, tenaga kerja dan transmigrasi.
Para penggagas Formasi melakukan rapat pertama kali pada tanggal 15 Juli 2007 di Situ Ciburuy Padalarang, pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan pengurus PIK Remaja dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten Bandung Barat pada saat itu.

 

Pada pertemuan di situ Ciburuy tersebut, seluruh perwakilan pengurus PIK Remaja menyepakati dibentuknya suatu forum PIK Remaja tingkat kabupaten Bandung Barat dengan nama Formasi dan dilengkapi dengan susunan kepengurusannya. Pengurus Formasi merupakan perwakilan dari kelompok PIK Remaja di Kabupaten Bandung Barat dan memiliki masa kerja 3 tahun.

 

 

Formasi didirikan dengan tujuan sebagai berikut:
1.    Wadah tempat berhimpun para pengurus kelompok PIK Remaja dan anggota masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pengembangan PIK Remaja di Kabupaten bandung Barat, baik yang masih masuk kedalam  katagori remaja maupun yang sudah tidak masuk dalam katagori remaja.
2.    Mitra BPPKB dalam monitoring dan evaluasi pengembangan pengelolaan PIK Remaja
3.    Sebagai sarana komunikasi, bertukar informasi,  ilmu pengetahuan dan pengalaman pengelolaan PIK Remaja.
4.    Alat percepatan peningkatan kualitas pengelolaan PIK Remaja.
5.    Alat perjuangan untuk  meningkatkan daya saing, daya jual dan daya tawar PIK Remaja dalam advokasi dan promosi kepada mitra kerja dan  pemangku kebijakan (stake holder).
Pada tahun 2008,  SKPD KB menjadi Badan Mandiri dengan nama Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, pada saat itu legalitas Formasi diperkuat dengan didaftarkan di Kantor  Kesbanglinmas Kabpaten Bandung Barat dan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Bupati Bandung Barat no 476. Kep.338-BPPKB/2009.
Close